Friday, October 26, 2012

Weekend Seru ke Museum Geologi Bandung


Liburan panjang adalah waktu yang cocok untuk berkunjung ke museum. Apalagi kalau sedang berada di Bandung. Ada Museum Geologi yang punya kerangka Tyranosaurus Rex. Gahar!

Museum bukan sekedar tempat menyimpan benda antik atau kuno. Museum dapat berperan sebagai sarana pendidikan, informasi, rekreasi dan wisata.

Museum Geologi yang terletak di Jalan Diponegoro 57, Bandung ini adalah museum bersejarah. Di dalam museum tersimpan materi-materi geologi seperti fosil, batuan, seta mineral. Museum ini didirikan pada tanggal 16 Mei 1928. Museum ini telah mengalami renovasi dan dibuka lagi pada tanggal 23 agustus 2000.


Museum Geologi terbagi dalam beberapa ruang pamer yang terdiri atas 2 lantai. Kurang lebih ada 60.000 koleksi fosil, dan 250.000 koleksi batuan serta mineral. Di museum ini juga ada kerangka tiruan T-Rex(Tyranosaurus Rex) yang dibuat di Kanada pada tahun 1998.

Di museum ini juga terdapat fosil-fosil hewan maupun manusia purba yang ditemukan di tanah air. Para pengunjung juga dapat mempelajari tentang kegiatan di bumi, seperti mengapa terjadi tanah longsor, gunung meletus, mengapa ada gempa bumi, mengapa ada pergeseran lapisan bumi.

Selain itu pengunjung akan mengetahui tentang perkembangan sejarah bumi. Hal itu mulai dari pembentukan bumi, hingga munculnya berbagai macam makhluk hidup seperti, dinosaurus, manusia purba, hingga manusia seperti kita saat ini.

Source: click me

No comments:

Post a Comment