Friday, October 26, 2012

Keluhan Seputar Perut yang Bisa Jadi Pertanda Sakit Serius

Sebagian besar organ penting manusia berada di dalam rongga dada dan perut. Karena itu jangan dikira masalah perut hanya seputar maag, masuk angin, dan hal-hal kecil lainnya. Banyak penyakit serius yang bisa dideteksi dari kondisi perut.

Berbagai keluhan yang mucul di perut dan bisa menjadi pertanda adanya penyakit serius antara lain sebagai berikut:

1. Susah BAB


Hati-hati jika sering mengalami susah BAB (buang air besar) atau sembelit, apalagi yang berlangsung lama atau kronis. Penelitian di University of Newcastle menunjukkan penderita sembelit kronis 1,78 kali lebih berisiko terkena kanker kolorektal dan 2,7 kali lebih rentan kena neoplasma jinak.



 2. Mencret atau Diare 



Seringkali diare tidak dianggap sebagai penyakit, melainkan mekanisme alami untuk mengeluarkan benda-benda yang tidak diperlukan atau bahkan membahayakan tubuh. Namun kalau berlangsung terus-menerus, diare perlu diwaspadai karena bisa menyebabkan kematian akibat dehidrasi. Begitu juga, diare yang tidak sembuh-sembuh kadang bisa jadi gejala infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus).

3. Susah Menelan



Ada banyak kondisi yang memicu nyeri telan di sekitar kerongkongan. Radang tenggorokan adalah salah satu pemicu yang paling umum, tetapi sering juga keluhan ini dipicu oleh penyakit yang lebih seperti seperti kanker di kelenjar tiroid yang letaknya di leher.

4. Masuk angin


Selain pegal-pegal perut kembung, keluhan masuk angin kadang disertai juga dengan sesak dan nyeri dada yang susah dibedakan dengan gejala sakit jantung. Istilah masuk angin sendiri tidak dikenal di dunia medis, namun banyak kasus serangan jantung berawal dari keluhan seperti masuk angin.
Source: click me

No comments:

Post a Comment